Sabtu, 07 April 2012

7 Summit Of Indonesia


Logo konsep dari The seven summits of IndonesiaJika dunia memiliki Seven summits yaitu tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua, maka Indonesia yang memiliki banyak sekali gunung dan pegunungan juga memiliki tujuh puncak tertinggi di setiap pulau/kepulauannya. Dengan dilatari hal tersebut maka saya ingin mengenalkan konsep “The Seven Summits of Indonesia”. Diharapkan dengan ada nya konsep tujuh puncak Indonesia ini, bisa lebih menggairahkan kegiatan pendakian gunung dan dengan sendirinya juga akan meningkatkan minat wisata alam bebas di Indonesia.
Konsep ini mengacu atau didasarkan pada puncak gunung/pegunungan yang tertinggi di tujuh pulau/kepulauan utama di Indonesia, pembagian menjadi tujuh pulau/kepulauan utama itu adalah sebagai berikut:
1.Pulau Sumatera
   Pulau ini adalah merupakan pulau besar utama.
2.Pulau Jawa
   Pulau ini adalah merupakan pulau besar utama.
3.Kepulauan Bali/Lombok/Sumbawa/Flores
   Kepulauan ini dianggap sebagai satu kesatuan kepulauan utama, dan
   dikenal juga dengan sebutan kepulauan Sunda Kecil.
4.Kalimantan
   Pulau ini adalah merupakan pulau besar utama.
5.Sulawesi
   Pulau ini juga adalah pulau besar utama
6.Kepulauan Maluku
   Kepulauan ini juga dianggap sebagai satu kesatuan kepulauan utama
7.Pulau Irian
   Pulau ini adalah merupakan pulau besar utama
Berdasarkan atas tujuh pengelompokan pulau/kepulauan diatas maka dipilihlah tujuh buah puncak gunung yang tertinggi di masing-masing pulau/kepulauan tersebut. Jelas disini kriterianya hanya satu yaitu "tertinggi di pulau/kepulauan tersebut bukan dari tingkat kesulitannya. Maka puncak-puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan utama di Indonesia (The Seven Summits of Indonesia) adalah:
Gunung Kerinci dilihat dari desa Kersik TuoPuncak tertinggi di Pulau Sumatera
Puncak Gunung tertinggi dipulau ini di pegang oleh Gunung Kerinci dengan ketinggian puncaknya 3.800 m dari permukaan laut. Gunung ini Berada di perbatasan propinsi Sumatera Barat dan Jambi pada lintang 10°45,50' LS dan 1010°160' BT. Gunung ini juga berada di bawah naungan administrasi dari Taman Nasional Kerinci Semblat. Gunung kerinci merupakan gunung berapi yang tergolong aktif. Gunung ini bisa didaki dari rute normal pendakiannya didesa Kersik Tuo

Puncak Semeru dilihat selepas Cemoro kandangPuncak tertinggi di Pulau Jawa
Dipulau ini banyak sekali terdapat gunung-gunung yang dengan ketiggian diatas 3.000 m, dan gunung yang tertinggi di pulau ini adalah Gunung Semeru yang mempunyai ketinggian 3.676 m dari permukaan laut. Posisi gunung ini berada di propinsi Jawa Timur diantara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT. Semeru adalah salah satu gunung berapi yang teraktif di Indonesia, setiap lebih kurang 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik berwarna hitam bercampur pasir dan batu-batu kecil. Gunung ini berada dibawah pengawasan administrasi dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Rute pendakian normal gunung ini dimulai dari Desa Ranupane.
Puncak Rinjani diihat dari Plawangan SembalunPuncak tertinggi diKepulauan Bali/Lombok/Sumbawa/Flores
Dikelompok kepulauan utama ini puncak gunung tertingginya adalah Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 m dari permukaan laut. Rinjani juga merupakan gunung berapi yang masih aktif dan secara periodik memperlihatakan keaktifan dari kepundan anak gunung barunya yang muncul dari tengah danau kaldera yang terkenal dari gunung ini yaitu Danau Segara Anak. Gunung ini berada di pulau Lombok propinsi Nusa Tenggara Barat pada posisi lintang 8º25' LS dan 116º28' BT. Secara administrasi gunung ini berada dibawah naungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Rute normal pendakian ke puncak gunung ini ada dua yaitu dari Desa Sembalun dan Desa Senaru.
Puncak Bukit Raya dari entry point Taman Nasional Bukit Baka bukit rayaPuncak tertinggi di Pulau Kalimantan
Dipulau ini sebenarnya puncak gunung tertingginya adalah gunung Kinabalu, akan tetapi gunung tersebut berada dibawah kedaulatan negara jiran Malaysia sehingga tidak bisa dimasukan kedalam kelompok “The Seven Summits of Indonesia”. Oleh karena itu maka puncak gunung tertingginya dipengang oleh Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 m dari permukaan laut, gunung ini berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah pada posisi 112º 07' - 112º 56' BT dan 00º 24' - 00º 59' LS. Gunung ini bukan gunung berapi, dan berada dibawah pengawasan Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya. Rute normal pendakian gunung ini berawal dari Nanga Popai, akses ke Nanga Popai ini bisa dilakukan dari Pontianak.
Puncak Rante Mario dilihat puncak Nenek MoriPuncak tertinggi di Pulau Sulawesi
Puncak gunung tertinggi di pulau ini dipegang oleh pegunungan Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rante Mario memiliki ketinggian 3.430 m dari permukaan laut. Pegunungan Latimojong ini berada di kabupaten Enrekang propinsi Sulawesi Selatan, pada koordinat 120°01'30" BT - 03°23'01" LS serta bukan merupakan gunung berapi. Akses rute normal pendakiannya berawal dari desa Karangan.


Gunung Binaiya dilihat dari desa KanikePuncak tertinggi di Kepulauan Maluku
Kepulauan Maluku juga dikelompokan sebagai satu kepulauan utama, puncak gunung tertinggi di kepulauan ini adalah puncak Gunung Binaiya dengan ketinggian 3.027 m dari permukaan laut.dan terletak di propinsi Maluku, tepatnya di pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah pada posisi geografis 3° 10' LS dan 129° 28' BT. Gunung ini juga bukan gunung berapi. Akses rute normal pendakian kepuncaknya bisa dimulai dari desa Kanike.

Puncak Carstenzs dari snowfield JayaPuncak tertinggi di  Pulau Irian
Puncak gunung tertinggi di pulau ini adalah merupakan juga puncak tertinggi di Indonesia dan juga masuk kedalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia, yaitu Cartenzs Pyramid dengan ketinggian 4.884 m dari permukaan laut, puncak Carstenzs berada didalam kawasan pegunungan Jaya Wijaya pada posisi 04º03'48"LS 137º11'09"BT, yang merupakan gunung karang (limestone), dan terdapat hamparan salju abadi dibeberapa tempat di pegunungan ini. Gunung yang berada di provinsi Papua ini bisa diakses lewat rute normal dari desa Ilaga.  
Rekor dalam The seven Summit of Indonesia
Seperti halnya seven summits dunia, banyak pendaki yang telah membukukan rekornya untuk tingkat dunia. The Seven Summits of Indonesia juga memiliki peluang untuk para pendaki membuat rekor-rekornya, dan sudah pasti rekor ini hanya untuk tingkat Indonesia. Rekor yang bisa dibuat didalam konsep “The Seven Summit of Indonesia” adalah sbb:
1. Rekor Tim pertama yang mencapai ke tujuh puncak tersebut
2. Rekor individu pertama yang mencapai ke tujuh puncak tersebut
3. Rekor secara gender (wanita) yang pertama mencapai ke tujuh puncak tersebut
4. Rekor secara Usia (Tua atau muda) yang pertama mencapai ke tujuh puncak tersebut
5. Rekor secara waktu kecepatan mencapai ke tujuh puncak tersebut.
Untuk rekor waktu tempuh bisa dibagi lagi dalam kategori sebagai berikut:
1. Tim tercepat pertama
2. Individu tercepat pertama
3. Gender tercepat pertama
4. Umur Tercepat pertama
Keterangan logo dari Konsep “The Seven Summits of Indonesia”
Bentuk
Ada tujuh setitiga yang diletakan secara berdempet yang melambangkan ke tujuh puncak tersebut. Dan didasar ada garis tebal hijau yang melambangkan hutan lebat yang ada di gunung-gunung tersebut.
Warna
Ada empat warna yang mewakili arti sebagai berikut;

Warna Hitam:
Gunung tidak aktif atau bukan gunung berapi, yang mewakili Gunung Bukit Raya, Gunung Latimojong dan Gunung Binaiya

Warna Merah:
Gunung yang aktif atau gunung berapi, yang mewakili Gunung Kerinci, Gunung Rinjani dan Gunung Semeru.
Warna abu-abu muda:
Gunung karang (limestone), yang mewakili Gunung Cartenzs.
Warna  Hijau:
Hamparan hutan yang subur yang merupakan bagian dari gunung-gunung tersebut.
Posisi/tata letak
Penempatannya disesuaikan dengan tingkat kelompok menurut ketinggian gunung tersebut dalam konsep “The Seven Summits of Indonesia” ini saya kelompokan menjadi sbb:
Bagian atas
yang mewakili puncak paling tertinggi dan hanya ada satu yaitu Puncak Carstenzs Pyramid 4.884 m
Bagian Tengah
yang mewakili tiga puncak gunung berapi aktif yaitu Gunung Kerinci 3.800 m, Gunung Rinjani 3.726 m, dan Gunung Semeru 3.000 m.
Bagian bawah
yang mewakili tiga puncak gunung yang tidak berapi yaitu Gunung Bukit Raya 2.278 m, Gunung Latimojong 3.430 m, dan Gunung Binaiya 3.027 m.
Bagian paling bawah
berwarna hijau, adalah perlambang hutan lebat yang ada di kaki gunung-gunung tersebut.
Logo ini bisa dipakai siapa saja dalam proyek seven summit Indonesia mereka, dan jika memilih tidak memakainya juga tidak mengapa, tidak ada paksaan dalam penggunaannya.
Demikian konsep The Seven Summits of Indonesia ini saya kenalkan dengan harapan gairah para pendaki gunung Indonesia bisa lebih bersemangat untuk menjamah ketujuh puncak tersebut dan menciptakan rekor domestik untuk bidang mountaineering di Indonesia.

Tidak ada komentar: